Wednesday, January 25, 2017

Kenali keluhan Honda sonic 150 r

Honda sonic 150 R

Sudah setahun lebih motor Honda Sonic 150 r mengaspal di Indonesia, motor berjenis ayam jago ini dirancang dengan mesin ber cc 150 cc dengan 4 klep dan dua camshaf ( DOHC) yang katanya superior dan titisan dari teknologi moto GP. perlu diketahu,Honda sonic 150 itu mesinnya sama persis dengan 3 motor honda lainya, diantaranya Honda CBR 150 R, Honda CB 150 SF dan Honda Supra GTR 150.
yang akan kita bahas sekarang mengenai suara klotok-klotok pada honda sonic 150 r. Memang suara klotok-klotok itu sangat mengganggu pendengaran kita saat mulai memanaskan mesin motor. suara klotok-klotok terdengar ketika mesin masih dingin, dan setelah mesin panas suara itu hilang.
tapi lama kelamaan meskipun mesin sudah panas suara klotoknya masih terdengar. ini yang bikin kebakaran jenggot.
setelah saya sudah ga sabar dengan suara itu akhirnya saya memutuskan untuk dibawa ke bengkel resmi, tapi respon lambat, part yang harus diganti tidak ready di bengkel resmi dan di claim yang bikin bunyi klotok-klotok adalah LAT ata kepanjangan dari Lifter Assy Tensiner.

LAT (Lifter Assy Tensioner)

Setelah merasa kesal dengan suara misterius itu saya memberanikan diri membongkar yang namanya LAT itu, harus dengan tingkat sabar yang tinggi untuk membuka LAT tersebut karena posisi LAT yang terhalang dengan frame body motor, sehingga membutuhkan alat kunci 8 dengan berbentuk mirip kunci L untuk menggapainya.

setelah dibongkar isi LAT tersebut terdapat pegas  untuk mendorong tonjokan  LAT, kebetulan jenis LAT Honda Sonic berjenis otomatis, jadi tidak perlu repot-repot untuk mengeceknya secara berkala. 

Berikut ini adalah LAT yang telah terbongkar.


otomotifnet.com
Setelah terbongkar saya coba menggani part dalam isi tensioner tersebut dengan part tensioner punya Supra x 125, yang saya ganti adalah pegasnya, yang bentuknya melingkar mirip obat nyamuk :v
kenapa saya ganti dengan part Supra x 125?? karena pegas milik Supra X 125 lebih kenyal dan kuat, beda dengan bawaan mesin K56 yang kurang kuat. 

Terus saya rakit lagi part tensioner tersebut seperti semula. jangan lupa ya harus ada kunci untuk memasukan tensioner ke mesin, karena apabila gak pake kunci khusus LAT ga akan bisa kepasang tensionernya. biasanya kuncinya sepaket dengan tensioner bahanya terbuat dari plastik, seperti gambar dibawah ini yang berwarna kuning.

LAT + kuncinya
sekian dulu artikel dari saya, semoga dapat membantu pembaca dalam mengatasi klotok-klotok di mesin generasi terbaru honda ini. salam satu aspal





4 comments: