nah selain design yang lebih garang, R15 2017 juga menambahkan sistem VVA (Variable Valve Actuation) pada mesin SOHC nya. yang jadi pertanyaan apa sih yang dimaksud dengan sistem VVA pada mesin motor? tentunya untuk yang awam dengan teknologi motor masa kini akan kebingungan.
kita coba lihat foto mesin dibawah ini yang menggunakan sistem VVA.
Variable Valve Actuation |
maka untuk mensiasati itu, yamaha menerapkan sistem VVA tersebut untuk menolong kerja mesin di RPM atas supaya tidak loyo.
cara kerjanya seperti ini.
Fungsi dari VVA ini adalah menjaga klep untuk lebih menyesuaikan faktor waktu ketika mesin membutuhkan pasokan lebih besar maupun sebaliknya maka VVA lah yang mengatur semua ini agar tercipta suatu tenaga yang merata, seperti yang diterapkan pada VVA Yamaha R15 fitur ini akan aktif ketika mesin mencapai putaran 7.500rpm VVA mengubah durasi intake low cam jadi intake high cam, dengan begitu tenaga dari sebuah mesian selalu lebih memiliki hentakan yang maksimal.
Teknologi ini lebih baik jika dikombinasikan dengan tipe mesin bergenre SOHC, dimana jenis ini mesin lebih fleksibel dengan VVA ketimbang dengan DOHC, oleh karena itu yamaha masih mempertahankan SOHC agar mesin selalu tampil lebih prima dalam kondisi berbagai kecepatan.
Sedangkan untuk kinerja DOHC pengaplikasiannya sedikit kurang maksimal jika disandingkan dengan VVA, DOHC lebih terfokus pada putaran mesin tinggi, sedangkan putaran bawanya kurang maksimal, mungkin ini saja info penjelasan tentang teknologi VVA yang diterapkan pada sebuah kendaraan.
No comments:
Post a Comment